Ajwa: Kurma Spesial Banyak Manfaat

Kurma Ajwa pertama kali ditanam oleh Rasulullah SAW terletak berdampingan dengan Masjid Quba, Madinah. Kemudian kurma ini identik dengan sebutan Kurma Nabi. Jenis ini berbeda bentuk dengan jenis kurma lainnya, walaupun sama-sama kurma. Kurma Ajwa berwarna hitam, memiliki banyak serat, legit, serta memiliki aoram yang khas. Ketika berada di mulut dan kita kunyah, akan terasa teksturnya yang lebih lembut daripada kurma lain. Manis yang dihasilkan kurma ini juga tidaklah berlebihan, hampir-hampir menyerupai rasa kismis.

Kurma Ajwa sangatlah istimewa, karena keistimewaannya inilah Rasulullah SAW bersabda: , “Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma Ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir. Hadist ini diperkuat hadist lain dari Aisyah yang artinya,”Sesungguhnya dalam Kurma Ajwa yang berasal dari Aliyah arah Kota Madinah di dataran tinggi dekat Nejet itu mengandung obat penawar atau ia merupakan obat penawar, dan ia merupakan obat penawar racun apabila dikonsumsi pada pagi hari”  ( HR Muslim no. 2048 dari Aisyah)

Para ahli kemudian melakukan penelitian terhadap Kurma Ajwa dan menemukan bahwa kurma ini mengandung banyak vitamin A, vitamin C, serat gula, mineral, kalsium, zat besi, sodium, protein, dan potasium. Melihat kandungan tersebut sudah barang tentu Kurma Ajwa dapat memenuhi nutrisi tubuh kita. Tak salah kemudian muncullah pernyataan bahwa mengkonsumi Kurma Ajwa sama dengan kita mengkonsumsi beberapa jenis buah sekaligus.

Kualitas dari Kurma Ajwa ini kemudian membuat harganya lumayan tinggi. Di Indonesia harganya berkisar antara 300 ribu hingga 350 ribu per kilogram, berbeda jauh dengan kurma jenis lain yang kisaran harganya antara 50 ribu hingga 100 ribu. Hal ini dinilai wajar oleh masyarakat, mengingat manfaat dan kandungan yang terdapat dalam Kurma Ajwa.

Leave a Reply