Alasan Mutlak Vaksin Meningitis Sebelum ke Tanah Suci

Alasan Mutlak Vaksin Meningitis Sebelum ke Tanah Suci

Jamaah haji dan umroh dari latar belakang apapun wajib memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah memperoleh vaksin meningitis. Selain itu pemeriksaan kesehatan sebelum berangkt ibadah ke tanah suci juga penting dilakukan.

Ketika melakukan ibadah di tanah suci, muslim dari seluruh pejuru datang dan berkumpul untuk melakukan ibadah. Negara-negara di Afrika yang di anggap sebagai tempat penyebaran penyakit meningitis juga termasuk. Dicurigai hal ini lah yang menjadi penyebb maraknya kasus penyait meningitis pada petugas dan jamaah yang berada di Arab Saudi.

Menteri Kesehatan beraggapan bahwa mengitis sampai sekarang masih menjadi ancaman unntuk jamaah haji maupun umroh. kasus jamaah haji  Indonesia terjangkit meningitis pernah terjadi pada 1987. Pada saat itu terdapat 99 orang jamaah yang tertular dan 44 orang yang terinfeksi meninggal.

Suntik meningitis dilakukan paling lambat dua minggu sebelum keberangkatan, hal ini dikarenakan vaksin baru bekerja secara efektiv antara 10-14 hari setelah diberikan. Jamaah haji dan umroh yang telah di suntik vaksin baru bisa memperoleh katu International Certificate of Vaccination, syarat mendapatkan visa dari pemerintah Arab  Saudi.

 

Leave a Comment