Alasan untuk Tidak Memberi Nama Hewan Sama dengan Nama Manusia

Alasan untuk Tidak Memberi Nama Hewan Sama dengan Nama Manusia

Alasan untuk Tidak Memberi Nama Hewan Sama dengan Nama Manusia

Sebagian orang memiliki binatang peliharaan merupakan hal yang sangant menyenangkan. Binatang peliharan mampu memberikan keuntungan positif bagi yang memeliharanya. Karena hal inilah seseorang yang memelihara binatang peliharaan tak jarang menunjukkan ekspresi sayang mereka terhadap binatang peliharaan mereka tersebut.

Ekspresi yang paling umum dilakukan orang yang memelihara binatang peliharaan ialah dengan memberikan binatang tersebut nama. tak jarang pula nama yang digunakan merupakan nama-nama yang biasa dipakai oleh manusia.

Menurut Lembaga Fatwa Mesir, Dar al-Ifta’, tidak boleh menamakan hewan dengan nama-nama manusia. Ini karena pada hakikatnya nama-nama manusia diperuntukkan untuk manusia yang sangat dimuliakan dan dihormati.

“Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan“. (QS al-Isra’ [17: 70)  

Beda binatang peliharaan, beda pula dangan manusia. Manusia boleh saja menggunakan nama hewan maupun benda mati, selama hal tersebut tidak merendahkan manusia tersebut, bahkan memuliakannya.

Kita dapat mengambil contoh tradisi dari timur tengah, singa (Asad), macan (Namir) ,biasa dipakai dan digunakan. Nama-nama tersebut dipakai tentu saja dengan harapan bahwa seseorang yang memakai nama tersebut dapat memiliki kekuatan, ketangkasan.

Singa, ataupun macan, dalam tradisi timur tengah termasuk kedalam kategori binatang-binatang hebat, dan tak jarang orang-orang hebat mendapatkan julukan macan maupun singa guna menghormatinya. Berbeda dengan binatang-binatang lain yang secara sifatnya dianggap sebagai binatang malas, yang kalau namanya dipakai malah merendahkan

Dalam banyak riwayat, Rasulullah SAW memerintahkan kepada umatnya agar menggunakan nama-nama terbaik. Dengan nama-nama terbaik itulah kelak manusia akan dipanggil ketika dibangkitkan pada kiamat.

 

Leave a Comment