Amalan Sunah di Bulan Ramadan

Ramadan adalah bulan istimewa bagi setiap umat muslim. Umat muslim akan berlomba-lomba untuk meningkatkan amalan ibadah mereka pada bulan istimewa ini. berikut beberapa amalan sunnah yang dapat dilakukan selama bulan ramadhan

Tadarus dan Mengkhatamkan Al-Qur’an

Membaca Al-Quran memiliki banyak sekali kebaikan, terlebih Allah SWT akan melipatgandakan pahala pada setiap amalan yang dilakukan oleh umat Islam di bulan suci Ramadan ini.Selain itu, usahakan juga untuk bisa khatam. Tidak hanya mengejar khatam Al-Quran, tapi perlu juga diperhatikan untuk membacanya dengan baik dan benar.

Memperbanyak bersedekah

Salah satu amalan di bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa adalah dengan cara memperbanyak sedekah. Rasulullah SAW merupakan orang yang paling dermawan di antara manusia lainnya. Beliau semakin dermawan saat berada di bulan Ramadan (HR. Al-Bukhari No. 4711 dan Muslim No. 2307).

Oleh sebab itu, sudah semestinya sebagai umat Muslim untuk mencontoh beliau di bulan yang penuh barakah ini. Caranya dengan perbanyak sedekah, baik untuk kepentingan fi sabilillah maupun kaum dhuafa dan fakir miskin.

Melakukan Salat Tarawih

Ibadah sunah yang satu ini merupakan ibadah yang sangat khas yang hanya ada pada bulan Ramadan. Ibadah ini juga merupakan salah satu amalan di bulan Ramadan yang dilakukan selain puasa yang pahalanya tidak kalah berlipat-lipat besarnya. Maka dari itu, hendaknya sebagai umat muslim melakukan salat sunah tarawih sebagai bekal memperoleh pahala dan memperoleh ridha Allah SWT.

Melakukan Zikir

Amalan bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa selanjutnya adalah zikir. Keistimewaan zikir sesungguhnya pada malam dan siang Ramadan merupakan waktu-waktu yang mulia dan utama.Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan waktu tersebut untuk melakukan zikir dan berdoa. Khususnya pada waktu-waktu yang istijabah, di antaranya saat berpusa hingga berbuka, saat malam terutama pada sepertiga malam terakhir, dan saat sahur.

Bertaubat

Ramadan merupakan bulan yang suci dan penuh ampunan. Amalan bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa berikutnya adalah bertaubat.Sangat dianjurkan untuk bertaubat di bulan suci Ramadan ini. Bahkan untuk mereka yang bersungguh-sungguh akan diibaratkan seperti bayi yang baru lahir, yaitu suci tanpa dosa. Bertaubat memang bisa dilakukan kapan saja, namun tidak ada salahnya untuk memohon ampunan kembali pada saat bulan Ramadan ini.

Leave a Reply