Atasi Bintitan dengan Cara Alami

Salah satu dari infeksi mata yang dapat menyerang kita ialah bintitan. Bintitan yang lam bahasa ilmiahnya hordeolum terjadi karena infeksi mata, yand ditandai dengan munculnya tonjolan merah pada bagian kelopak mata. Tumpukan kotoran, bakteri, serta kulit mati dapat mnyumbat kelanjar minyak di sekitar bulu mata menjadi dalang utama. Nah, jika hal tersebut terjadi kepada kita, hal berikut dapat membantu mengobati bintitan sehingga lebih cepat sembuh.

Membersihkan dengan Sabun

Air biasa tidak cukup membersihkan mata yang bintitan. Kita dapat mencoba membersihkan mata dengan sabun. Caranya, kita basahi terlebih dahulu tisu dengan air yang sebelumnya telah diberi sabun. Lalu usap pada kelopak mata kita secara berlahan.

Kita harus mengingat bahwa sabun yang dipilih ialah sabun yang tidak menimbulkan rasa perih pada mata kita. Mengusap mata dengan air sabun juga dapat mencegah terjadinya bintitan pada mata kita.

Larutan Garam dan Air

Hal lain yang dapat menjadi alternatif menyembuhkan mata yang bintitan ialah membersihkan mata dengan air garam. Cara yang digunakan sama seperti penggunaan sabun. Garam yang dilarutkan dengan air diperccaya dapat membuat mata bintitan menjadi lebih bersih karena mampu mengilangkan bakteri.

Kantong Teh

Jangan langsung buang kantong teh yang telah kita gunakan. Ternyata, kantong teh bekas dapat digunakan sebagai kompres mata yang bintitan. Jenis teh yang menjadi pilihanpun bebas. Namun, teh hitam diyakini lebih memiliki sifat anti bakteri sekaligus sangat baik meredakan pembengkakan untuk mempercepat penyembuhan mata yang bintitan.

Kompres Hangat

Kompres hangat bisa jadi alternatif untuk mengatasi mata bintitan, selain menggunakan kantong teh hangat. Kedua cara tersebut sama-sama efektif karena membantu mendorong nanah naik ke permukaan kelopak mata, sehingga bisa keluar secara alami.

Anda bisa mencelupkan kain bersih ke dalam sebaskom air hangat, kemudian peras sampai tidak ada lagi air yang menetes. Letakkan kain di atas mata selama 5-10 menit. Ulangi hal ini sebanyak 3-4 kali setiap hari.

Leave a Reply