Atasi Jet Lag di Tanah Suci

Atasi Jet Lag di Tanah Suci

Jet lag disebut juga sebagai desynchronosis atau ketidak mampuan tubuh untuk mensinkronkan keadaan di tempat kita yang baru. Jet lag sering terjadi karena penerbangan yang jauh, serta perbedaan waktu antara tempat asal dengan tempat tujuan. Hal inilah yang menyebabkan jet lah sering terjadi pada jamaah (umrah) yang melaksanakan umroh ke tanah suci.

Jangan Langsung Tidur
Sesampainya di tanah suci, tubuh kita akan merasakan lelah karena telah melakukan perjalanan yang panjang. Sedapat mungkin anda jangan langsung tertidur ketika sampai di hotel. Tunggulah sebentar, dan berikan tubuh waktu untuk beradptasi sebentar dengn lingkungan barunya.

Menjaga Energi
Jagalah energi anda dengan mengkonsumsi vitamin, buah dan sayur untuk menjaga asupan energi tubuh anda. Perbanyak minum air putih juga membantu mengatasi jet lag.

Berjemur
Sinar matahari membuat tubuh lebih waspada dan membuat anda lebih aktif. Apabila anda tiba saat malam atau sedang terjadi mendung sehingga sinar matahari tidak ada, anda bisa menggunakan lampu terang sebagai alternatif pengganti sinar matahari. Jangan lupa lakukan olahraga ringan, ini akan membantu tubuh untuk menyesuaikan diri dengan waktu barunya.

Hindari Makan Berat

Hindarilah untuk makan berat untuk beberapa saat ketika anda sampai. Makan makanan berat membuat anda merasa lelah dan mengantuk. Sebagai gantinya, makanlah makanan ringan lebih sering.

Leave a Comment