Bangun Pagi, Buat Hari Lebih Bermakna

Sungguh rugi orang-orang yang melewatkan paginya dengan tertidur, sesungguhnya banyak manfaat pagi yang dapat kita baik itu untuk fisik maupun untuk mental kita. Maka bagi orang-orang yang sudah terbiasa bangun pagi, ada beberapa hal yang sebaiknya dikerjakan agar paginya lebih bermakna.

Dzikir pagi adalah amalan yang patut dilakukan. Karena, selain membuat lebih bersemangat di pagi hari juga berdampak dimudahkan segala urusan oleh Allah. Dzikir pagi  dibaca saat masuk waktu Subuh hingga matahari terbit. Namun boleh juga dibaca sampai matahari akan bergeser ke barat. Soal bacaan wirid, ada bermacam-macam  pilihan.

Orang yang terbiasa bangun pagi sebagiknya juga melakukan tilawah Al-Qur’an. udara masih bersih, suasana belum bising dan fisik juga masih segar. Tentu hal tersebut akan memudahkan akal, hati dan emosi lebih cepat merasakan getaran, kesan dan spirit dari ayat demi ayat yang dibaca. Hal tersebut  menambah kebaikan, ilmu dan semangat keimanan dalam hidup.

Mandi pagi, selain akan memberikan kesegaran lebih dini, waktu untuk melakukan persiapan sebelum menjalani rutinitas harian di luar rumah, bisa dilakukan lebih awal, sehingga mencegah adanya barang tertinggal atau urusan yang terselap, termasuk terhindar dari berangkat terburu-buru.

Kemudian, dalam tinjauan medis, mandi pagi memberikan banyak keuntungan. Mulai dari lancarnya peredaran darah, meningkatnya produksi sel darah putih, mengurangi resiko darah tinggi, serta meningkatkan kesuburan.

Leave a Reply