Beberapa tips dan trik berbelanja di Tanah Suci

Perjalanan spiritual ke Tanah Suci, baik itu melaksanakan rukun islam yang ke 5, maupun perjalanan mengunjungi situs-situs spiritual lainnya melalui ibadah umrah, tentu akan menyimpan ceritanya masing-masing.

Sekembalinya ke kampung, biasanya, tak sedikit kerabat-kerabat dekat akan berdatangan memberikan ucapan syukur atas keselamatan akan kepulangan dan kepergian. Maka, menceritakan kembali pengalaman-pengalaman yang dialami selama perjalanan akan menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Tidak hanya bagi para jemaah, pun juga oleh sanak saudara handai taulan.

Sambil bercerita, biasanya, tuan rumah akan mengetengahkan makanan-makanan khas Tanah Arab untuk para tamu yang datang. Tak pelak juga, beberapa diantara akan diberi sebagai bingkisan. Dengan banyak orang yang datang, akan banyak pula yang akan terhidang, dan sebanyak itu pula yang akan dibingkis. Maka, berburu belanjaan di Tanah Suci akan menjadi sebuah keharusan.

Lalu, bagaimana rupanya memilih dan memilah buah tangan khas Tanah Suci bisa mencukupi? Agar supaya sekembalinya ke kampung, cerita-cerita dan kisah-kisah perjalanan akan terasa semakin lengkap.

Berikut, beberapa trik dan tips untuk memilih perbelanjaan khas tanah Suci untuk oleh-oleh karib kerabat di kampung.

1. Buatlah daftar belanjaan.
2. Tentukan jumlah masing-masing item belanjaan.
3. Kumpulkan informasi-informasi mengenai tempat-tempat bebelanja yang ekonomis.
4. Ketika sedang berburu belanjaan, usahakan jangan berpenampilan terlalu mencolok. Karena biasanya akan mempengaruhi harga yang ditawarkan pedagang.
5. Jika berbelanja dengan teman, jangan sekali-sekali membahas harga di dalam toko. Karena banyak diantara pedagang yang mengerti dan fasih berbahasa asing, termasuk juga bahasa Indonesia.
6. Setelah sampai di lokasi, pandai-pandailah untuk menawar harga.

Leave a Reply