Berumrah Kala Lanjut Usia

Umrah, atau terkadang disebut sebagai haji kecil secara waktu lebih fleksibel daripada ibadah haji. Indonesia sebagai negara penyumbang jamaah umroh terbesar dari pada negara lainnya. Tidak semua, bahkan sebagian besar dari jamaah yang berangka umroh telah berusia lanjut.

Untuk itulah perlu dipersiapkan bagi kita yang katakanlah sudah berumur dalam menjalankan ibadah umroh.

Hal yang paling utama yang perlu dipersiapkan ialah niat yang bersih untuk beribdah kepada Allah semata. Meminta ampunan dan bertobat ke pada Allah guna membuat ibadah umrah kita semakin mantap.

Sebelum melaksanakan ibadah umroh, alangakah sangat baiknya jika kita lebih memperdalam ilmu umroh. Pada saat ini peran pembimbing sangat penting membimbing para lansia.

Selain itu, secara fisik kekuatan lansia lebih terbatas dari pada orang yang berusia muda. Memahami pola makanan sehat akan sangat membantu dalam menjalankan ibadah nantinya.

Pelajarilah makanan-makanan yang mengandung gizi seimbang, banyak serat, dan tak banyak mengandung lemak. Selain itu perlu pula menjaga pola istirahat, dan melakukan olahraga rigan yang tentunya olahraga yang cocok bagi lansia. Jika perlu berkonsultasilah kepada ahli gizi dan kesehatan sebelum berangkat ke tanah suci.

Tidak dianjurkan menggunakan hal-hal yang mencolok, seperti perhiasan. Cukup membawa perlengkapan secukupnya. Selain itu, bawalah obat-obatan yang diperlukan agar kenyamanan kita dalam melaksanakan ibadah umrah di tanah suci senantiasa terjaga.

Leave a Reply