Cara Unta Terbebas dari Panasnya Padang Pasir

Cara Unta Terbebas dari Panasnya Padang Pasir

Unta menjadi salah satu makhluk hidup yang dapat bertahan dipanasnya padangpasir. Hal ini tentu membuat kita bertanya-tanya, bagaimana Unta dapat bertahan hidup di padang pasir, apalagi binatang yang satu ini mampu mengangkut barang yang banyak dengan jarak yang cukup jauh.

Ternyata seekor Unta mampu minum 200 liter air sekali minum. Dan perlu diketahui bahwa unta tidak menyimpan air pada punuknya, tetapi menyimpan cairan pada tubuh, termasuk darah. Unta juga mampu meminum jenis ari apapun termasuk air asin. Hal yang mengejutkan ternya unta dapat meminum air sebanyak 100 liter hanya dalam waktu 10 menit.

Unta memang ditakdirkan bisa hidup di daerah gurun pasir, suhu tubuh mereka antara 30-40 derajat celcius. Hal ini dapat meminimkan kehilangan air.  Tubuh unta juga memungkinkan untuk bertahan hidup ketika mereka kehilangn 20% sampai 40% cairan tubuhnya yang pada hewan lain mungkin sudah mati ketika kekurangan cairan tubuh sebanyak itu.

Banyak dari kita yang salah kaprah bahwa cadangan air unta terdapat pada punuknya. Ternyata yang terdapat pada punuk unta merupakan lemak. Lemak pada punuk unta memungkinkan ia terbebas dari panasnya padang pasir. Lemak yang tidak terdapat  di seluruh tubuh memungkinkan unta membuang panas dari tubuhnya.

Leave a Comment