Cegah Anemia Dengan Makanan Ini

Anemia menjadi sebuah masalah yang umum terjadi pada seseorang. Biasanya anemia terjadi dalam tingkatan yang ringan, tapi kalau terus dibiarkan akan berdampak buruk bagi tubuh seseorang yang mengidapnya. Salah satu cara mudah yang dapat kitalakukan untuk meningkatkan produksi sel darah merah guna mencegah kekurangan darah adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi sehari

Asam folat

Terkadang disebut juga dengan vitamin B9 merupakan salah satu yang menjadi pemicu meningkatnya sel darah merah dalam tubuh kita. Adapun makanan penambah darah yang memiliki kandungan asam folat tinggi misalnya kacang polong, kacang merah, kacang hijau.

Zat tembaga

Zat tembaga merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Makanan penambah darah yang kaya akan zat tembaga antara lain gandum utuh, kacang-kacangan, daging unggas seperti ayam dan bebek, makanan laut seperti udang dan kepiting, buah ceri, dan cokelat.

Vitamin B12

Vitamin B12 masuk kedalam kategori jenis vitamin B kompleks, yang berfungsi meningkatkan fungsi dari sumsum tulang guna membentuk sel darah merah, dan vitamin ini menjadi salah satu alternatif penambah darah merah bagi tubuh. beragam jenis makanan, seperti ati sapi, ikan, daging merah, telur, susu dan produk olahannya, serta sereal.

5. Vitamin B6

Mirip seperti vitamin B12, vitamin B6 juga bisa membantu pembentukan sel darah merah bagi Anda yang kurang darah atau anemia. Untuk meningkatkan kadar vitamin B6 dalam darah, cobalah untuk mengonsumsi nasi, gandum, sereal, dan kacang-kacangan. Daging sapi, kambing, domba, dan ayam juga kaya akan vitamin B6.

Leave a Reply