Ceng Ho, Laksamana Penjelajah Dunia

(bagian 1)

Columbus, Marcopolo, Evliya Celebi, merupakan orang-orang yang akan terlintas di kepala ketika hendak menyebutkan penjelajah dunia. Ternyata ada sosok penjelajah lain yang namanya layak untuk disandingkan dengan mereka. Penjelajah tersebut berasal dari Cina, Islam pula. Sang penjelajah ini bernama Zheng He, dan lebih dikenal dengan sebutan laksamana Cheng Ho.

Di negerinya ia tidak hanya dikenal sebagai seorrang penjelajah, melainkan sebagai panglima angkatan laut dan seorang diplomat yang handal. Cheng Ho lahir pada 1371 di Yunan, daerah Cina Selatan. Orang tuanya beretniskan Hui, dan memiliki nama kecil Ma He. Etnis Hui di daerah Cina merupakan etnis masyarakat muslim, dan nama “Ma” yang melekat pada nama kecil Cheng Ho merupakan nama keluarganya, dan merupakan kependekan dari Muhammad.

Cheng Ho muda menyaksikan daerahnya diserang oleh Dinasti Ming yang berkuasa pada masa itu. Pada saat itu ia ditangkap dan dibawa ke ibukota, Ninjing dan dipaksa bekerja pada kekaisaran. Karena bekerja pada kekaisran inilah Cheng Ho akhirnya berteman dengan salah seorang pangeran Dinasti Ming, Zhu.

Ketika Zhu diangkat menjadi seorang kaisar, Cheng Ho mendapatkan kedudukan yang tinggi di kekaisaran. Kemudian Cheng Ho mendapatkan gelar kehormatan, Zheng. Kemudian hari, terjadi eksplorasi perdagangan besar-besaran oleh Kaisar Zhu. Ia memerintahkan banyak armada kapal untuk mengelilingi dunia, dan memilih Cheng Ho sebagai pemimpin ekspedisi, yang membawa hampir 30.000 orang pelaut.

Leave a Reply