Umroh yang Mambrur

Umroh yang Mambrur

Keihlasan menjadi kunci dari setiap ibadah yang dilakukan. Behitupula ikhlas dalam melakukan perjalanan spiritual umat muslim, yaitu umroh. Secara bahasa umroh ialah berziarah dengan segala tata cara menjalankannya. Dalam menjalankan ibadah ini, setiap orang mengharapkan aga menjadi jamaah umroh yang mambrur.

Jamaah yang umrohnya mabrur dapat dilihat dari perkataanya ketika pulang ke tanah air. Lisannya menjadi lebih santun, karena ia telah mendapatkan tempaan menjadi hamba Allah yang rendah hati, bukan rendah diri kitika menjalani ibadah ini. Seiring lisannya yang bertambah baik, ibadahya pun juga bertambah baik pula. Orang yang pulang berumroh dengan hati ikhlas seharusnya lebih taat menjalankan ibadah dari pada sebelumnya.

Bersih hati menjadi ciri orang mabrur, ia tidak lagi akan berbohong sehingga ia akan berkata jujur dalam kesehariannya. Selain itu, ia juga akan memiliki jiwa sosial yang lebih tinggi. Selama menjalankan ibadah umroh, ia akan bertemu dengan orang banyak dari seluruh penjuru dunia. Hal ini memupuk rasa solidaritas antar umat Islam. Tak ada perbedaan warna kulit, jabatan, tinggi, rendah. Semua sama, kecuali amalan.

 

Leave a Comment