Fakta Menarik Masjid Nabawi

Nabawi merupakan sebuah mesjid yang berlokasi di pusat kota Madinah. Mesjid ini didirikan langsung oleh Rasulullah SAW. Pada saat ini Mesjid Nabawi menjadi salah satu mesjid terbesar di dunia. Mesjid Nabawi menjadi tempat suci kedua setelah Masjidil Haram. Ternyata ada beberapa fakta menarik tentang Mesjid Nabawi, diantaranya:

1. Daerah Pertama yang Dialiri Listrik di Arab

Ketika listrik pertama kali masuk ke daerah Arab, tempat yang menjadi prioritas utama adalah mesjid Nabawi. Karena hal inilah Mesjid Nabawi menjadi daerah pertama di daerah arab yang menerima listrik. Bahkan pada saat itu Istana Ottoman di Istanbul bahkan belum dialiri listrik.

2. Liang Lahat Kosong Dekat Makam Rasulullah

Nabi Muhammad SAW dimakamkan di Masjid Nabawi, dan di sebelahnya pula dikebumikan Abu Bakar Siddiq dan Umar bin Khattab. Makam mereka persis di sebelah raudhah. Faktanya, terdapat satu liang lahat lagi yang kosong. Lokasinya dekat makam Nabi SAW.

3. Menjadi Salah Satu Mesjid Terbesar

Mesjid Nabawi terus diperluas, pada saat ini diperkirakan ukurannya sudah diperluas 100 kali lebih besar daripada ukuran aslinya. Area mesjid kini telah mencapai daerah makam Baqi, padahal semula daerah ini di luar Kota Madinah.

Leave a Reply