Gelar Bapak Kucing

Gelar Bapak Kucing

Abu Huraira RA, merupakan salah satu ahli ibadah yang hidup pada zaman Rasulullah. Dia juga merupakan salah satu sahabat yang senan tiasa mengikuti aktivitas Rasulullah dalam keseharian. Oleh sebab sering mengikuti keseharian Rasulullah inilah, Abu Huraira RA banyak meriwayatkan hadis, seputar perkataan, sikap, serta perbuatan teladan yang dikerjakan oleh Rasulullah.

Bernama asli Abdu Syam, namun ketika masuk Islam di antara masa perjanjian  Hudaibiyah dengan perang Khaibar, Rasulullah mengganti nama Abdu Syam menjadi Abdurahman. Beliau di Islamkan ketika Rasulullah menetap di Madinah.

Abdurahman mulai mendapatkan julukan Abu Huraira karena kecitaan beliau kepada hewan kecil lagi lucu bernama kucing. Dikisahkan, bahwa beliau memelihara banyak kucing jalanan yang terlantar pada kala itu, merasa iba melihat kucing-kucing yang terlantar di jalanan, maka beliau memutuskannya untuk membawa pulang dan merawatnya.

Suatu ketika, ketika Abu Huraira tengah mengembala kambing, beliau menemukan anak kucing yang terlantar. Dipunggutnya anak kucing tersebut lalu dirawatnya di rumah.

Abdurahman menaruh anak kucing tersebut di dalam lengan bajunya ketika selesai bermain dengan hewan kecil nan lucu tersebut pada siang hari. Suatu hari, Rasulullah mendengar suara anak kucing tersebut, dan bertanya kepada Abdurahman. Lalu, Abdurahman menjawab kalau itu adalah anak kucing yang ditemukannya.

Sejak saat hari itulah Rasulullah SAW memberikan gelar Abu Huraira (bapak kucing) kepada Abdurahman. Sejak itu pulalah Rasulullah memanggil Abdurahman dengan gelarnya Abu Huraira.

 

 

Leave a Comment