Hal-hal yang perlu disiapkan saat haji

Kita tahu, bagi umat muslim haji adalah ibadah yang wajib hukumnya. Dalam rukun menjadi Islam, ibadah ini merupakan ibadah penutup sekaligus melengkapi keislaman seseorang. Dalam pelaksanaannya, ibadah ini merupakan ibadah dengan rangkaian yang cukup panjang dan sangat melelahkan. Setiap rangkaiannya, memerlukan aktivitas fisik. Untuk itu, kebugaran dan kekuatan fisik perlu dipersiapkan.

Tidak hanya itu, agaknya begitu banyak yang mesti harus dipersiapkan dalam berhaji. Berikut akan kami rangkum beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat berhaji.

1. Kain ihram.
Kain ihram merupakan bawaan wajib bagi jemaah yang akan melaksanakan ibadah haji. Setidaknya, para jemaah menyiapkan 2 stel atau lebih. Sehingga ketika sampai di Tanah Suci, para jemaah tidak perlu lagi mencari-cari dengan tergesa-gesa.

2. Perlengkapan makan.
Supaya para jemaah tidak boros dan repot mencari tempat dimana membeli perlengkapan makanan, alangkah lebih baik para jemaah membawa peralatan sendiri.

3. Perlengkapan mandi dan cuci
Alat-alat mandi dan cuci merupakan alat-alat yang sangat dibutuhkan oleh para jemaah. Mulai dari berangkat dari asrama haji hingga sampai kembali lagi ke rumah.

4. Obat-obatan dan p3k
Tentu ada baiknya para jemaah haji mempersiapkan kebutuhan obat-obatan pribadi. Tentu obat-obatan inni disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari.

5. Alat-alat pelindung badan.
Arab Saudi termasuk negara yang bersuhu cukup panas. Untuk itu, tidak ada salahnya para jemaah mempersiapkan alat-alat untuk melindungi badan.

6. Alat-alat kosmetik.
Di luar waktu ihram, biasanya para jemaah sering berkumpul dengan jemaah lainnya. untuk itu, disarankan kepada para jemaah untuk tetap tampil rapi, dan bersih.

7. Peralatan lainnya.
Yang sekiranya perlu dimasukkan ke dalam list bawaan adalah peralatan-peralatan lainnya berupa, pakaian biasa agak 3 atau 4 stel, sendal, tas plastik, tikar, perlak, tambang, jaket dan lain sebagainya.

Sekiranya, itulah hal-hal yang mesti dipersiapkan oleh para jemaah haji untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan terburuk ketika berada di Tanah Suci.

Leave a Reply