Harta Tidak Akan Habis untuk Sedekah

Islam sebagai agama rahmatan lil alamin, memandang sedekah sebagai amalan besar pahalanya. Secara nalar manusia, sedekah adalah mengeluarkan uang untuk orang lain. Oleh sebab kita mengeluarkan uang maka uang kita akan berkurang. Akan tetapi, sebagai seorang muslim yang melibatkan keimanan dalam berfikir. Konsep nalar manusia secara umum itu tidaklh berlaku.

Seorang muslim yang menyertakan keimanan dalam bernalar, maka setiap harta yang dikeluarkannya tidaklah berkurang dan dia tidaklah merugi, karena ia yakin bahwa Allah SWT akan mengganti berkali-kali lipat jumlah sedekah yang dikeluarkan.

Tentu cara Allah SWT mengganti berkali-kali lipat jumlah sedekah yang dikeluarkan tidak hanya berupa harta saja, melaikan hal-hal lain yang lagi-lagi diluar hitung-hitungan manusia. Dan manfaat sedekah itu salah satunya adalah mengobati penyakit.

Sedekah dapat menyembuhkan penyakit hati, karena sedekah itu merupakan salah satu amalan yang dapat membersihkan hati dan pikiran. Rasulullah SAW bersabda : “Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan bersedekah.”

Pahala yang berlipat ganda,  serta menjauhkan dari bala menjadi salah satu cara Allah untuk membalas orang-orang yang bersedekah.  Hal ini sejalan dengan hadist, Rasulullah SAW bersabda : “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena, musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah”.

Perlu kita sadari, Allah SWT yang maha memberi rezeki kepada kita. Allah SWT pulalah yang dapat mengambilnya kembali, tidaklah perlu kita takut untuk mengeluarkan sebagian harta kita untuk sedekah. Allah berfirman:

“Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baiknya pemberi rezeki” (QS. Saba ayat 39).

 

 

Leave a Reply