Islam Masuk di Tanah Air

 

(bagian 1)

Banyak orang tidak mau tau tentang sejarah, padahal kita hari ini dengan sejarahnya masing-masing, begitu juga Islam. Islam sampai ke Indonesia tidak secara tiba-tiba muncul, ada proses panjang yang mengiringinya, sehingga Islam pada hari ini menjadi agama  mayoritas penduduk Indonesia.

Setidaknya ada beberapa pendapat mengenai kapan masuknya Islam, dari mana datangnya Islam di Indonesia, serta orang yang membawa Islam ke Indonesia. Salah satu pendapat yang terkenal ialah yang nantinya kita sebut dengan teori Gujarat.

Menurut teori ini, orang-orang bermazhab Syafei telah bermukim di Gujarat dan Malabar sejak abad ke-7. Dan orang-orang yang membawa Islam pertama kali ke Indonesia bukanlah orang-orang arab, melainkan pedagan-pedagan dari Gujarat. Hal ini dikarenakan orang-orang dari gujarat lebih dulu mengenal sistem pedagangan dengan orang-orang di Indonesia.

J.P. Moquetta (1912) yang memberikan argumentasi dengan batu nisan Sultan Malik Al-Saleh yang wafat pada tanggal 17 Dzulhijjah 831 H/1297 M di Pasai, Aceh. Menurutnya, batu nisan di Pasai dan makam Maulanan Malik Ibrahim yang wafat tahun 1419 di Gresik, Jawa Timur, memiliki bentuk yang sama dengan nisan yang terdapat di Kambay, Gujarat.

Semakin berkembannya pengetahuan membuat teori Gujarat kemudian dibantah oleh banyak ahli melalui bukti-bukti yang lebih akurat, termasuk teori Makkah nantinya.

Leave a Reply