Jannatul Baqi’; pemakaman terbesar dan tertua

Jika ada yang bertanya tentang tempat pemakaman yang termasyur dalam sejarah Islam, maka jawabannya adalah Jannatul Baqi’. Sebuah tempat pemakaman yang ada di kota Medinah, tempatnya persis bersebrangan dengan masjid Nabawi. Tempat ini, merupakan tempat yang memiliki kedudukan tertentu dari sisi agama dan sejarah Islam.

Ya, di lokasi yang mencapai 180.000 m2 inilah para ahlul bait dan para sahabat Rasullullah SAW dimakamkan. Jika diperkirakan, maka ada setidaknya 10.000 orang sahabat yang telah dimakamkan di Jannatul Baqi’ ini. Diantara para sahabat tersebut, ada yang wafat ketika perang Badar. Para kaum anshor, dan muhajirin, juga banyak dimakamkan disana.

Banyak hadis Nabi yang meriwayatkan tentang pemakaman ini. Diantaranya, hadis yang diriwayatkan Turmudzi, “siapa yang bisa meninggal di Madinah, silahkan meninggal di Madinah. Karena aku akan memberikan syafaat bagi orang yang meninggal di Madinah.” Juga, sebuah hadis dari Abu Rafi’ radiallahu ‘anhu, Rasulullah meminta kepada para sahabatnya sebuah pekuburan untuk memakamkan orang yang telah meninggal. Beliau meminta sebuah tempat di pinggir kota Madinah. Beliau bersabda,”aku diperintahkan memilih tempat ini, yaitu Baqi.”

Karena sejarah itulah,banyak diantara umat islam yang berwasiat, kelak ketika meninggal, mereka ingin agar dimakamkan di sana. Jannatul Baqi’, sebuah tempat yang juga disebut-sebut sebagai taman surga.

Leave a Reply