Jejak Dagang Rasulullah

Jejak Dagang Rasulullah

Rasullah secara mandiri mulai berdagang ketika usia remaja. Beliau tidak pernah saling menebar curiga kepada rekananya. Dalam perdagangan, Rasullah menjunnjung tinggi nilai kejujuran, dan menjaga kehormatan diri. Karena kejujuran beliau nanti Rasulullah mendapatkan gelar Al-Amin.

Pada usia yang sangat muda, yaitu pada usia 17 tahun. Rasulullah memimpin ekspedisi perdagangan keluar negeri. Dalam buku Muhammad A Trader disebutkan bahwa Rasulullah dikenal luas di Syiria, Yordania, Irak, Yaman, Basrah dan banyak kota lain di Arab karena perdagangan.

Suatu ketika Khadijag mendengar tentang pemuda yang dipercaya kalangan Arab. Khadijah kemudian memanggil Rasuluullah dan menjadikannya seorang karyawan. Khadijah mengutus beliau sebagai pimpinan dagang ke negeri Syam. Atas izin Allah perdagangan yang di pimpin Rasulullah ini mengalami perkembangan, laba yang diperoleh meningkat pesat.

Perdagangan ini ditekuni Rasulullah sampai beliau diangkat menjadi Rasul pada usia 40 tahun. Tercatat pengalaman kerja Rasulullah sebelum di angkat menjadi Rasul ialah: pada usia 8-12 tahun mengembala domba, pada usia 12 tahun ikut berdagang ke Syam dengan romongan Abu Thalib yang tak lain adalah paman beliau. Pada usia 25 tahun beliau menjadi pengelola perdagangan Siti Khadijah.

Leave a Comment