Jejak Islam di Amerika

Jejak Islam di Amerika

Kita selama ini mengetahui, bahwa bangsa Eropalah yang kemudian menemukan benua Amerika. Namun, jejak literasi dan jejak fisik telah menunjukan bahwa penjelajah Islam telah terlebih dahulu ke benua Amerika dari pada bangsa Eropa tersebut.

Banyak bukti yang kemudian menujukan bahwa hal yang telah di katakan di atas benar adanya. Menurut catatat sejarawan Abu al Hasan al Masudi yang merupakan sejarawan Andalusia, pada tahun 889 Masehi terjadi sebuah pelayaran oleh orang-orang dari Andalusia ke arah barat selama berbulan-bulan. Hasilnya mereka menemukan sebuah daratan besar di laut.

Dari hasil penemuan daratan yang luas tersebut kemudian para pelayar tersebut melakukan perdagangan dengan penduduk asli sebelum mereka kembali lagi ke Andalusia.

Al- Masudi mencatat hal tersebut dan membuat peta ke tempat tersebut. Tempat tersebut berada di seberang lautan dalam catatanya, dan pada saat itu disebut sebagai “tanah tidak diketahui””

Setelah catatan dari Al- Masudi terdapat pula banyak catatan dan literasi sejarah yang menyatakan bahwa, Ottoman, Afrika Barat, dan bangsa Arab telah mengarungi samudra atlantik jauh sebelum bangsa Eropa dan Columbus menemukan benua Amerika. Secara tidak langsung, catatan dari Al- Masudi tersebut telah mematahkan apa yang telah kita ketahui selama ini bahwa penemu benua Amerika bernama Columbus.

Leave a Comment