Kesehatan Keluarga Bersumber dari Ibu

Kesehatan Keluarga Bersumber dari Ibu

Keluarga berpengaruh dalam pembentukan gaya hidup dan kebiasaan. Dalam hal ini ibu secara tidak langsung menjadi penentu dampak positif atau dampak negatif dari gaya hidup yang dipilih terhadap keluarga.

Ibu Sebagai Penggerak Kesehatan Keluarga

Peranan ibu yang paling vital dalam keluarga ialah sebagai penggerak roda rumah tangga. Ibu menyajikan makanan sehat, memberikan dorongan untuk ruti berolahraga atau sekedar mengingatkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan berkala.

Ibu akan selalu berada di barisan paling depan untuk melindungi keluarga dari berbgai macam penyakit yang mengintai keluarga. Menurut banyak studi menunjukan bahwa kesehatan keluarga di awali dari ibu. Peran ibu ini sudah dimulai sejak ia memasuki masa kehamilan hingga anak-anaknya tumbuh dewasa dan membangun keluarga sendiri.

Kesehatan Fisik dan Mental

Keluarga baru bisa dikatakan sehat apabila anggotanya sehat secara fisik, psikologi serta sosial. Mengingat peran ibu yang menjadi roda penggerak keluarganya, maka ibu dituntut mampu untuk mengasuh anak secara fisik, selain itu juga harus mampu mendidik anak menjadi pribadi yang menjunjung tinggi sopan santun, serta mampu menjalani hubungan pertemanan yang sehat.

Pentingnya Pendidikan dan Wawasan Ibu

Mengingat banyaknya peran penting serang ibu dalam keluarga, tak mengherankan bila ibu harus sejahtera lahir dan batin agar tetap sehat. Pendidikan, pengetahuan, serta wawasan yang cukup menjadi pendukung perannya.

Maka, kita tidak boleh memandang sebelah mata peranan dari seorang ibu. Kesehatan keluarga berasal dari ibu yang sehat. Kemudian tidak ada salahanya ibu juga lebih memperhatikan kesehatannya. Jangan karena terus memperhatikan kesehatan anggota keluarga yang lain lantas ibu melupakan kesehatan dirinya.

Leave a Comment