Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia hendaki, Dan Allah maha Luasa, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah [2]: 261)

Bersedekah memang dapat memperbanyak pahala. Apalagi melakukan sedekah di bulan Ramadhan, niscaya akan dibalas berkali lipat oleh Allah SWT.

 

Mencegah kematian buruk

Orang yang suka bersedekah akan dilindungi oleh Allah SWT dari kematian yang buruk. Oleh Khalid bin ‘Abdurrahman asy Syayi’ Keadaan seseorang saat tutup usia memiliki nilai tersendiri, karena balasan baik dan buruk yang akan diterimanya tergantung pada kondisinya saat tutup usia.

Sebagaimana dalam hadits yang shahih:

إنَّمَا الأَعْمَالُ بِالخَـوَاتِيْمُ رواه البخاري وغَيْرُهُ.

“Sesungguhnya amalan itu (tergantung) dengan penutupnya”. [HR Bukhari dan selainnya]

Oleh sebab itulah, seorang hamba Allah yang shalih sangat merisaukannya. Mereka melakukan amal shalih tanpa putus, merendahkan diri kepada Allah agar Allah memberikan kekuatan untuk tetap istiqamah sampai meninggal.

Mereka berusaha merealisasikan wasiat Allah Azza wa Jalla:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa, dan janganlah kalian mati melainkan dalam keadaan muslim (berserah diri)”. [Ali Imran/3 : 102]

Peredam murka Allah

Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sedekah sirri (secara rahasia) memadamkan murka Allah dan sedekah secara terang-terangan merupakan perisai dari neraka”.

Dengan memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan, tentunya akan membuat Anda merasakan betapa nikmatnya rahmat Allah SWT yang Anda rasakan selama ini. Sikap selalu bersyukur ini adalah sikap yang disukai oleh Allah SWT.

Pahalanya akan dilipatgandakan

Orang yang bersedekah juga akan mendapatkan keutamaan lain. Keutamaan tersebut yakni Allah SWT akan melipatgandakan pahala orang yang bersedekah tersebut.

Dan seperti yang Anda ketahui, sedekah di bulan Ramadhan akan sangat menguntungkan, karena pahalanya akan dilipatgandakan dibandingkan Anda bersedekah di luar bulan Ramadhan. Namun, memperbanyak sedekah di luar bulan Ramadhan tentu adalah sebuah kewajiban juga.

Akan diganti oleh Allah

Sebagaimana Nabi Shallallahualaihiwasallam bersabda:

“Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil) “. (HR. Bukhari) [No. 1442 Fathul Bari] Shahih. Berikut keutamaan sedekah di Bulan Ramadhan

Sebagai penghapus dosa

Bagi orang yang bersedekah, akan mendapat ampunan atas dosa-dosa yang pernah mereka perbuat.Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi). Akan tetapi, bukan berarti dosa-dosa akan terhapuskan begitu saja tanpa disertai dengan taubat dan perbuatan yang baik.

 

Leave a Reply