Manfaat si Buah Busuk, Mengkudu

Manfaat si Buah Busuk, Mengkudu

Mengkudu, buah hijau eksotis yang mengeluarkan bau yang sangat tajam. Mengkudu sering dikonsumsi dalam bentuk  suplemen ataupun jus. Di dalam bentuk mengkudu yang tidak menarik, dan rasa yang tidak senikmat mangga, ternyata banyak manfaat untuk tubuh kita.

Para ilmuan di Jerman yang telah meneliti mengkudu, ternyata menemukan bahwa buah ini dapat mengurangi rasa sakit yang diakibatkan arthritis semaksimal mungkin, sehingga dapat mengurangi kerusakan sendi yang berkaitan dengan athristik karna sifat analgesiknya. Selain itu mngkudu juga berkhasiat menurunkan demam.

Kandungan scopoletin dalam mengkudu bersifat anti bakteri, anti inflamasi, anti jamur, dan anti histamin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Anti bakteri dalam buah mengkudu ampuh untuk melawan bakteri E-coli. Bakteri E-coli merupakan salah satu penebab gangguan pencernaan dan infeksi saluran kencing.

Periset di Universitas Hindia Barat juga menemukan kandungan dalam buah mengkudu memiliki sifat penurunan gula darah. Dalam penelitiannya, periset melakukan suplemen mengkudu pada tikus diabetes selama 20 hari, hal ini guna mempelajari efek gula darah.

Leave a Comment