Mantan Budak Bersuara Berlian

Mantan Budak Bersuara Berlian

Futuh Mekah, pada peristiwa ini banyaklah orang orang Quraisy yang menyerah terlebih dahulu sebelum perang. hal ini mengakibatkan tidak adanya perlawan yang berarti dari pihak Quraisy, Sehingga kaum Muslimin dapat dengan mudah memperoleh kemenangan dengan izin Allah SWT.

Pada saat itu terdapat banyak berhala di sekitar Kabah, lalu Rasulullah SAW mengarahkan busur panah kearah berhala-berhala tersebut sambil menyebutkan ayat:

“Dan katakanlah: ‘Yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap’. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.” (Surat Al-Isra’ Ayat 81)

“Katakanlah: ‘Kebenaran telah datang dan yang batil itu tidak akan memulai dan tidak (pula) akan mengulangi.’” (Surat Saba’ Ayat 49)

Atas Izin Allah SWT, seketika seluruh berhala yang berada di sekitar Kabah menjadi rubuh setelah tadinya berdiri kokoh. Rasulullah kemudian tawaf tanpa mengunakan ihram sambil menunggangi untanya.

Ketika masuk waktu untuk melaksankan sholat Zuhur, Rasullulah menyuruh Bilal, bekas budak yang tubuhnya penuh penyikasaan oleh orang-oran zalim, untuk menyerukan dan mengajak kaum muslim untuk melaksanakan sholat. “Allahuakbar, Allahuakbar”

Inilah Azdan pertama yang berkumandang di Kota Mekkah. Ketika Bilal mengumandankan azan, banyak dari orang-orang Quraisy, merasa tidak berterima. Bilal, seorang mantan budak dari Ethiopia yang dulunya mereka anggap hina, menyenandunkan Azan dengan kedua kakinya menginjak bagian-bagian dari berhala mereka yang telah berserakan.

Sungguh besar Islam yang memandang setiap manusia yang hidup di bumi adalah sama di mata Allah SWT. Sementara yang membedakannya adalah amalan-amalannya. Berpangkat tinggi, kaya, miskin, hitam, putih, sama di mata Allah SWT. Sungguh tak ada yang menyangka pula bahwa seorang mantan budak berkulit hitam yang dianggap hina, diberikan kehormatan dan kepercayaan untuk mengumandangkan suara Adzan. Hal ini semata karna ketaatannya pada Allah SWT dan kesetiannya pada Rasulullah SAW. Dan mantan budak yang tubuhnya penuh dengan bekas penyiksaan itu bernama Bilal bin Rabah. Subhanallah..

Leave a Comment