Masjid dan Pendidikan Islam di Rusia

Masjid dan Pendidikan Islam di Rusia

Islam terus berkembang dan bergeliat di daratan Eropa, termasuk di kawasan Eropa Timur, khususnya Rusia. Laporan mencatat bahwa di negara tersebut Islam tumbuh pesat selama kurang lebih sepuluh tahun terakhir.

Sampai saat ini ternyata terdapat 6790 mesjid di Rusia. Di daerah Dagestan, terdapat 2000-3000 masjid, dan terus akan bertambah pesat selama beberapa tahun kedepan. Begitu pula di daerah Tatarstan yang pada saat ini telah melebihi 2500 mesjid telah dibangun.

Pemeluk Islam di ibu kota Rusia, Moskow telah melebihi 6 juta jiwa. Sehingga pada saat ini Islam menjadi agama terbesar kedua di Rusia. Para ahli berpendapat angka ini akan senantiasa bertambah, dan tidak menutup kemungkinan Islam akan menjadi agama terbesar di Rusia jika pertumbuhannya konstan seperti sekarang ini.

Mesjid-mesjid di Rusia, mendapatkan pengaruh model Turki Usmani. Dan menariknya, mesjid tidak hanya dijadikan tempat ibadah semata, melaikan di jadikan pusat kajian agama, pusat perkumpulan komunitas muslim, serta terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar mengenai Islam.

Mesjid yang berfungsi sebagai tempat belajar tentang agama Islam menyediakan buku-buku bacaan tentang Islam. Selain itu, di setiap mesjid terdapat guru yang mau mengajarkan Islam kepada siapapun, tanpa mengenal latar belakang serta agama dari orang-orang yang ingin mempelajari Islam.

 

Leave a Comment