Mengenal Tipu Daya Iblis Ketika Hamba-Nya Sholat

Mengenal Tipu Daya Iblis Ketika Hamba-Nya Sholat

Sholat lima waktu menjadi ibadah wajib bagi seorang muslim. Bahkan ibadah inilah yang pertama kali dihisab ketika hari pembalasan kelak. Iblis yang sebagai makhluk terkutuk mengunakan berbagai tipu daya untuk mengganggu manusia melaksanakan ibadah ini, antara lain:

Kusala

Ini merupakan cara pertama setan menggoda manusia, dengan cara membuat manusia menjadi malas mengerjakan ibadah ini.

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila berdiri untuk shalat, mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka meyebut Allah kecuali sedikit sekali.” (An Nisa ayat 142)

Attajjul

Banyak yang melakukan sholat dengan cara terburu-buru. Iblis menggoda manusia agar secepat mungkin menyelesaikan ibadah ini. hal ini membuat orang yang tergoda menjadi terburu-buru. Tanpa merasakan nikma dari sholat, maupun merasakan setiap lafal sholat yang

Annuas

Tipu daya berikunya membuat manusia menguap ketika melakukan sholat, padahal sebelum sholat ia dalam keadaan segar. Tetapi anehnya ketika sholat ia sering menguap, dan ketika selesai holat tubuhnya menjdi segar kembali,

4. Marhodhulbaththahuni

Godaan dari setan ketika sholat ini adalah keinginan yang sangat besar untuk buang angin ataupun ingin buang air besar. Bahkan hal itu bisa terjadi berkali-kali.

5. Annisyan

Godaan kali ini membuat kita tidak fokus dalam melakukan sholat. Orang yang terkena godaan ini meenjadi asyik berkhayal hal-hal di luar sholat. Terkadang membuat orang yang terlupa akan rakaan sholat yang dikerjakan.

“Setan telah menguasai mereka lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah. Mereka itulah golongan setan. Ketahuilah, sesungguhnya golongan setan itulah golongan yang merugi.”(QS Al Mujadalah 19)

 

Leave a Comment