Muliakan Guru

Muliakan Guru

Hari guru memang telah lewat beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada 25 November. Secara resmi, pemerintah menetapkan bahwa 25 November menjadi Hari Guru Nasional sejak tahun 1994.

Meskipun telah lewat, sejatinya kita harus memuliakan guru pada hari-hari lain, tidak hanya pada tanggal 25 November saja. Hal ini sejalan dengan yang dikerjakan oleh orang-orang yang dapat dijadikan teladan.

Ali bin Abi Thalib dalam riwayat dikisahkan sangatlah menghargai seorang guru yang telah mengajarinya walaupun itu satu huruf sekalipun. Ali bin Abi Thalib bahkan menegaskan bahwa ia rela “dijual” sebagai hamba sahaya oleh gurunya. Hal ini menyiratkan betapa agung derajat seorang guru bagi Ali bin Abi Thalib.

Syaikh al- Zarnuji menegaskan pula bahwa seorang pelajar tidak akan mendapatka manfaat keilmuan dari guru yang tidak dimuliakan pelajar tersebut. Baginya, menghormati guru merupakan kunci untuk mudah menyerap ilmu. Hal ini juga terjadi ketika mengamalkan dan mengembangkan ilmu tersebut.

Sebagai generasi muda yang nantinya manjadi penerus bangsa ini. Hendaknya kita juga menghormati guru kita. Alasannya tak lain dan tidak bukan demi mudahnya menyerap ilmu pengetahuan, mengamalkan dan megembangkan ilmu tersebut. Guru tak ubahnya orang tua kita, mereka yang akan mengiringi kedewasaan berfikir kita.

Leave a Comment