Neraka, Tercipta Bagi Orang Takabur

Neraka, Tercipta Bagi Orang Takabur

Secara kebahasaan takabur berarti kesombongan, atau secara mendalam dapat diartikan menghargai diri secara berlebihan, cokak atau pun pongah. Orang-orang takabur cenderung memiliki sifa berbangga diri dengan beranggapan bahwa dirinya yang paling hebat dan benar dibandingkan orang lain.

Bersama perlu kita sadari sekiranya takabur sifat utama iblis, ketika Allah memerintahkan Malaikat untuk sujud kepada Adam, maka para Malaikat mengikuti perintah Rabbnya, akan tetapi Iblis enggan untuk bersujud ia merasa dirinya lebih mulia dari pada Adam, sementara ia tercipta dari api dan adam “hanya” dari tanah.

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kalian kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur (sombong) dan ia termasuk golongan orang-orang yang kafir(QS. Al Baqarah:34)

Islam melarang keras sifat takabur, karena Islam senan tiasa mengajarkan kalau seluruh manusia itu adalah sama bagi Allah, sementara hal yang membedakannya dari manusia yang lain ialah amalan yang diperbuatnya. Dalam Islam pula diajarkan bahwa tempat yang layak bagi orang-orang yang memiliki sifat takabur ialah neraka.

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.(QS. Luqman:18)

“Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.” (QS An Nisa: 36)

Leave a Comment