Pelancar dan Penghambat Rezeki Anak Adam

“Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu benar-benar akan mendengar dari orang-orang yang diberi al-Kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan” (Ali ‘Imran 3 : 186)

Tidak ada manusia di atas bumi yang tidak diuji Allah. Ujian yang Allah berikan kepada hambanya dapat berupa apapun jenisnya termasuk harta salah satunya. Seseorang yang sedang memiliki harta yang banyak sesungguhnya mereka sedang diuji Allah, sama halnya mereka yang sedang tidak memiliki harta, dapt juga dikatakan sebuah ujian dari Allah.

Ibnu Qoyyim menyatakan terdapat hal-hal yang dapat mempermudah rezeki dan juga dapat mengambat rezeki seorang hamba. Setidaknya ada 4 amalan yang dapat melancarkan rezeki dan 4 hal yang dapat menghambat rezeki.

Pelancar Rezeki:

Memperbanyak Istigfar di waktu zuhur
Berzikir ketika pagi dan sore hari
Memperbanyak sedekah
Sholat malam

Penghambat Rezeki:

Sifat khianat
Malas-malasan
Sedikit sholat
Tidur pagi

Jauh lebih dalam kita harus juga mengingat bahwa rezeki terkadang tidak saja berkaitan dengan yang namanya materi saja, melainkan keselamatan dan kesehatan. Maka orang-orang yang beruntung ialah mereka yang ketika diuji dengan kesushan mereka bersabar, dan ketika diuji dengan kesenangan maka mereka bersyukur kepada Allah.

Leave a Reply