Pelayar Tangguh dari Indonesia

Pelayar Tangguh dari Indonesia

Indonesia, sebagai salah satu negara kepulauan, membuat sebagian penduduknya terbiasa hidup bergantung kepada laut. Karena bergantung hidup kepada laut, maka indonesia banyak menghasilkan pelaut-pelaut hebat yang telah dikenal sejak dulu. Yuk kita simak beberapa suku Indonesia yang kehebatannya dalam melaut telah dikenal dunia.

Bajo

Bajo atau Bajau menjadi unik disebabkan tempat tinggal mereka di atas perahu. Suku Bajo melakukan aktifitas dan melakukan interaksi di atas perahu. Perahu-perahu suku Bajo senantiasa berpindah dari satu tempat tergantung musim. Suku Bajo dapat kita temukan di kawasan Berau, Bontang, dan Selayar.

Bugis

Suku Bugis, sudah terkenal di dunia sebagai pelaut dan pembuat kapal yang handal. Menurut berbagai catatan suku Bugis telah melakukan perdagangan dengan bangsa lain yang jaraknya sangat jauh. Suku Bugis melakukan pelayaran menggunakan kapal Phinisi, yaitu kapal layar yang ukurannya besar. Mereka memiliki ritual-ritual khusus sebelum membuat kapal Phinisi ini ternyata.

Suku Bawean

Di daerah Jawa Timur terdapat suku yang suka sekali melancong, suku Bawean namanya. Singapura,Vietnam, Malaysia, Brunai, bahkan Australia menjadi daerah yang sering jadi tempat melancong suku Bawean. Nah, jangan heran pada akhirnya banyak dari suku Bawean yang melancong, memutuskan untuk tinggal dan menetap di daerah yang mereka jadikan tujuan, apalagi kaum pria. Karena banyaknya kaum pria yang memilih menetap di tempat yang mereka jadikan tujuan melancong maka penghuni pulau Bawean lebih banyak perempuan dari pada pria.

Biak

Viking Indonesia, itulah julukan bagi suku Biak. Entah siapa yang memulai pertama kali memberi julukan itu, namun yang pasti julukan tersebut karena kesukaan suku Biak dalam pelayaran. Sebelum masuknya bangsa Eropa ke Indonesia, prang-orang dari suku Biak telah melakukan pelayaran ke berbagai daerh di Nusantara. Suku Biak suka melalukan perdagangan antar pulau terutama di kawasan Sulawesi dan Maluku. Mereka melakukan perdagangan dengan sistem barter pada saat itu

Leave a Comment