Teladan Khadijah binti Khuwalid

Khadijah binti Khuwailid, seorang wanita cerdas yang dipilih nabi sebagai istri. Khadijah menjadi wanita pertama memeluk agama Islam, Khadijah juga senan tiasa menghibut, dan selaluu menguatkan hati Rasulullah. Ketajaman pandangan serta keimannya menjadikan ia wanita yang spesial. Adapun keteladanan Khadijah yang patut ditiru antaralain:

1. Saudagar yang Mandiri

Sadar bahwa harta dapat membuat orang senan tiasa berfoya-foya, Khadijah senan tiasa menjauhkan diri dari perbuatan yang sia-sia. Khadijah yang sukses sebagai seorang pedagang, merupakan contoh wanita bukanlah makhluk yang lemah.

2. Tidak menilai pria dari kekayaan

Khadijah banyak mendapatkan lamaran dari pria kaya yang berasal dari keluarga-keluarga terhormat yang bersedia membayar berapapun mahar yang ia minta. Namun, Khadijah menolak lamaran mereka dengan sangat halus. Bagi khadijah harta bukanlah menjadi prioritas dalam mencari pasangan hidup.

3. Istri yang taat kepada suami

Tugas seorang istri sejatinya mendampingi suami, baik itu dalam kesenangan dan kesusahan. Seorang istri harus senan tiasa menguatkan suaminya dalam kondisi apapun. Khadijah mendedikasikan dirinya untuk selalu mendukung dakwah Rasulullah. Khadijah juga menggunakan kecerdasannya dalam mendampingi dakwah rasulullah. Keberanian dan keteguhan hatinya membuat ia tidak pernah merasakan resah.

Leave a Reply