Ternyata, Inilah Manfaat Wudhu yang Jarang Kita Ketahui

Ternyata, Inilah Manfaat Wudhu yang Jarang Kita Ketahui

Salah satu cara bersuci bagi seorang muslim yang akan mengerjakan ibadah ialah dengan cara berwudhu. Rasulullah bahkan membiasakan dirinya untuk senantiasa berwudhu sebelum tidur. Dan ternyata berwudhu sebelum tidur memiliki berbagai manfaat yang jarang kita ketahui selama ini.

1. Malaikat Mendoakan Orang yang Menjaga Wudhu

Orang yang mensucikan dirinya dengan cara berwudhu sebelum tidur mendapatkan keutamaan berupa do’a dari para Malaikat. Dan sesungguhnya doa dari Malaikat akan menghapus dosa-dosa orang yang didoakannya.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. [HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.]

2. Mati Dalam Keadaan Syahid di Sisi Allah

Perkara kematian tidak ada manusia satupun yang tau. Seorang yang senantiasa menjaga wudhu akan mendapatkan derajat yang tinggi di sisi Allah. Sebab hal inilah seorang yang berwudhu sebelum tidur dan andaikata ketika ia tidur lantas meninggal, maka meninggalnya dalam keadaan syahid.

3. Merileksasi Tubuh

Air yang dibasuhkan pada anggota tubuh tertentu saat wudhu dapat merileksasikan otot-otot yang selalu kita gunakan dalam melakukan segala jenis aktifitas keseharian kita. Telah banyak penelitian yang mengatakan bahwa air wudhu dari seorang muslim sebelum mereka tidur, suatu cara paling efektif untuk mengendurkan kekakuan otot-otot yang digunakan dalam aktifitas.

Leave a Comment