Trik Agar Tak Salah Jadwal Sholat di Tanah Suci

Trik Agar Tak Salah Jadwal Sholat di Tanah Suci

Keutamaan shalat di Masjidil Haram adalah seratus ribu kali shalat atas masjid selainnya. Shalat di masjidku ini (Masjid Nabawi) adalah seribu shalat. Sedangkan di masjid Baitil Maqdis adalah 500 kali lipat.” (HR. Al-Baihaqi di al-Sunan Al-Shughra, no. 1821 dan dishahihkan Al-Albani di Shahih al-Jami’, no. 4211)

Jadwal sholat di tanah air berbeda dengan jadwal sholat di tanah suci. Hal ini diakibatkan karena adanya perbedaan waktu antara tanah air dan tanah suci. Untuk itulah agar kita tidak salah dalam waktu sholat di tanah suci, ada beberapa tips yang kiranya dapat membantu selama di sana.

1. Download aplikasi jadwal waktu shalat di smartphone, ada banyak  aplikasi serupa yang bisa kita manfaatkan secara gratis.

2. Jika ingin mencatat dalam waktu lama untuk dibuat jadwal waktu shalat, website ini (www.islamicfinder.org) bisa Anda jadikan acuan.

3. Bisa juga Anda membuka aplikasi Google atau melalui browser dan mengetikkan kata kunci ‘jadwal waktu shalat’.

4. Tidak mau repot dengan semua tips di atas, kita bisa melihat jadwal sholat yang terpampang di pintu-pintu masuk masjidil Haram dan masjid Nabawi.

Perlu Anda ketahui, dari beberapa metode menghitung jadwal waktu shalat. Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menggunakan metode Ummul Qura, yang mungkin akan berbeda dengan beberapa metode lain terutama dalam menentukan waktu shubuh, ashar, dan isya.

 

Leave a Comment