Tubuh Sehat, Ibadah Umroh Lancar

Kita harus menyadari bahwa, iklim, lingkungan, cuaca, mejadi faktor yang menyebabkan resiko terkena penyakit ketika menjalankan ibadah haji atau umroh di tanah suci, Mekkah. Untuk itulah menjaga kesehatan selama haji dan umroh menjadi sangat penting guna kelancaran menjalankan ibadah tersebut.

Penyakit infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) menjadi penyakit yang sering di derita jamaah sekembalinya dari tanah suci. Penyakit ini sangat gampang untuk menularan, untuk itulah jamaah disarankan menggunnakan masker kecuali sedang berniat irham. Kegunaan masker untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Selain itu kita perlu untuk senan tiasa mencuci tangan, dengan mencuci tangan berarti kita telah membunuh virus-virus yang secara medis terdapat banyak di tangan.

Berbedanya suhu di tanah suci dan tanah air membuat tubuh sering kekurangan cairan. Konsumsi air mineral ataupun air zam-zam yang rutin dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Tidak disarankan untuk meminum air dingin, hal ini malah dapat memperburuk kesehatan.

Menjaga pola makan juga dirasa perlu diperhatikan, jangan karena alasan makanan yang berbeda dengan makanan yang biasa kita makan di tanah air, membuat kita untuk engan makan atau berkurang nafsu makan. Kita senan tiasa memberhatikan keseimbangan nutrisi dengan tetap menjaga pola makan empat sehat lima sempurna. Kita dirasa perlu pula senantiasa membawa vitamin untuk menjaga stamina.

Selain pola makan dan vitamin, jagalah selalu pola istirahat. Kita tidak boleh terlamau memaksakan diri, apalagi di awal beribadah umroh. Sadarilah masih banyak rangkaian ibadah yang akan kita kerjakan, kalau kita memaksakan diri di awal, bukan tidak mungkin akan dapat menggangu kesehatan tubuh dan akibatnya dapat mengganggu ibadah kita disana.

 

Leave a Reply