Umar bin Khattab dan wabah kolera

Pada satu waktu, Umar bersama bersama sahabat yang terdiri dari kaum anshor dan muhajirin sedang dalam perjalanan menuju wilayah Syam (sekarang Suriah). Perjalanan tersebut merupakan kunjungan yang cukup penting, karena ada tujuan tertentu yang harus disampaikan oleh Umar yang ketika itu sudah menjadi Khalifah.

Di tengah perjalanan, Umar dan rombongan mendapatkan kabar. Bahwa, wabah kolera sedang menjangkit di kota Syam. Tentu semua rombongan menjadi kisruh seketika itu. Apakah akan melanjutkan perjalanan atau kembali ke Medinah. Maka, Umar menggelar musywarah. Sebagian dari rombongan mengatakan lebih baik melanjutkan perjalanan, sementara sebahagian lagi menyarankan kembali ke Medinah.

Umar kemudian memutuskan untuk kembali ke Medinah. Keputusan tersebut semakin mantap dengan informasi dari Abdurrahman bin Auf. Bahwa, nabi pernah berkata, “jika kamu mendengar wabah di suatu negeri, maka janganlah kalian memasukinya. Akan tetapi, jika di tempat kalian berada, maka jangan pula tinggalkan tempat itu.” (HR Bukhori).

Maka, seketika itu juga, Umar kembali ke Medinah dengan mengulur waktu untuk kembali mengunjungi Syam.

Leave a Reply