Umrah di bulan Ramadhan? Begini keistimewaannya!

Jelang Ramadhan, biasanya umat islam punya rencana tertentu, terkait apa saja yang akan mereka lakukan selama bukan suci itu. Mulai dari ibadah, hingga aktifitas-aktifitas harian lainnya selama bulan suci Ramadhan. Kiranya, barangkali ada salah satu kegiatan yang sebaiknya juga diagendakan oleh umat Islam, yakninya umrah.

Kita tahu, bahwa umrah memiliki keutamaan, di antaranya, merupakan ibadah jihad sebagaimana ibadah haji. Menhgapus dosa di antara umrah berikutnya. Menghilangkan kefakiran dan menghapus dosa. Namun, rupanya jika dilakukan pada bulan Ramadhan, umrah ini memiliki keistimewaan pula. Apa itu keistimewaannya?

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda, “Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu, karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” Dalam hadis lain (Bukhari no 1863) juga dijelaskan, “sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku.”

Selain berumrah, pada bulan Ramadhan doa kita akan mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Begitulah sekiranya keistimewaan umrah pada bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, lagi mulia.

Meski demikian, tentu ibadah umrah di waktu Ramadhan tidak bisa serta merta menggantikan ibadah haji. Karena berhaji adalah iabadah tersendiri, yang merupakan satu rukun wajib bagi umat Islam.

Leave a Reply