Umroh yang Mabrur

Umroh yang Mabrur

Keihlasan menjadi kunci dari setiap ibadah yang dilakukan. Behitupula ikhlas dalam melakukan perjalanan spiritual umat muslim, yaitu umroh. Secara bahasa umroh ialah berziarah dengan segala tata cara menjalankannya. Dalam menjalankan ibadah ini, setiap orang mengharapkan aga menjadi jamaah umroh yang mambrur.

Lisannya Lebih Santun | Jamaah yang umrohya mendapatkan kemabruran dapat dilihat dari lisannya. Lisan orang yang mendapatkan kemabruran akan manjadi lebih santun, hal ini terjadi karena di tanah suci jamaah sesungguhnya mendapatkan tempan menjadi hamba Allah yang rendah hati.

Ibadah Bertambah Baik |Ibadah mereka yang mendapatkan kemabruran akan bertambah baik sejalan dengan lisan mereka yang lebih santun dari pada sebelumnya. Mereka yang mendapatkan kemabruran akan senan tiasa dan akan senang menjalankan ibadah yang diperintahkan oleh Allah. Mereka akan sangat takut untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang di benci oleh Allah.

Bersihnya Hati | Bersihnya hati menjadi salah satu ciri orang yang mendapatkan kembruran. Mereka tidak lagi akan berbohong sehingga senan tiasa berkata kebenaran dalam keseharian. Bersihnya hati membuat jiwa sosial mereka juga semakin tinggi, lebih peduli terhadap sesama jauh daripada sebelumnya.

Ketika di tanah suci mereka bertemu dengan saudara-saudara sesama muslim dari berbagai penjuru dunia, tidak peduli hitam putih, tinggi-rendah. Semua berkumpul menjadi satu dalam melaksanakan ibadah umroh. Hal inilah kiranya yang menempa mereka untuk lebih peduli terhadap sesama muslim sepulangnya ke tanah air.

Leave a Comment