Wabah; para sahabat yang wafat karenanya

Sesungguhnya, kemunculan pandemi virus yang mewabah lagi mematikan bukanlah hal yang baru. Sejak bumi ini terkembang, berbagai peristiwa pandemi sudah sering singgah di bumi. Dalam literatur Islam, sebagaimana yang kita ketahui pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab Ra. Sekitar tahun 639 M, sebuah daerah antara Ramla dam Baitul Maqdis, yaitu daerah Amwas dijangkiti oleh wabah. Karena, wabah tersebut berkembang di daerah Amwas, maka, wabah itu kemudian dinamakan dengan wabah Amwas.

Begitu banyak umat muslim yang wafat karena wabah Amwas ini. Tak terkecuali juga para sahabat Nabi. Beberapa di antara sahabat tersebut sebagai berikut:

Suhail bin Amr al-Amiri

Seorang orator ulung dan pembesar kaum Quraisy. Pada masa kekhalifahan Umar, ia memutuskan ikut berjihad ke Syam. Pada saat itulah, wabah yang menyebar ka Syam ikut menjangkitinya, dan wafat di sana.

Abu Ubaidah bin al-Jarrah

Merupakan sahabat yang termasuk assabiqunal awwalun, yaitu orang yang pertama kali masuk Islam. Ia adalah sahabat yang cukup disegani di kalangan Muhajirin. Ketika jihad ke Syam, Abu Ubaidah adalah panglima ketika itu. Abu Ubaidah, yang senantiasa mengontrol dan menghibur rakyatnya yang terserang wabah ketika itu. Lalu, pada saat tubuhnya begitu lemah, saat itu pula wabah menjangkitinya, hingga kemudian wafat di sana.

Syurahbil bin Hasanah

Syurahbil bin Hasanah, merupakan salah satu dari empat jendral pada masa khalifah Umar bin Khattab. Ia, wafat di hari yang sama dengan Abu Ubaidah ketika jihad ke Syam.

Muadz bin Jabal

Sepeninggal Abu Ubaidah, Muadz bin Jabal diberi amanah untuk menggantikan posisinya. Yaitu sebagai Gubernur Syam. Ketika Abud Ubaidah wafat, Muadz turut mengurus jenazahnya. Tak lama stelah itu, Muadz pun tak sanggup melawan wabah, dan turut wafat pada masa sulit itu.

Leave a Reply