Wudhu dan Kesehatan Tubuh

Wudhu dan Kesehatan Tubuh

Wudhu berati bersih dan indah secara bahasa. Sementara itu dalam syariah Islam dapat diartikan sebagai penggunaan air pada anggota tubuh tertentu, dengan cara tertentu, serta telebih dahulu diawali dengan niat untuk untuk menghilankan hadast kecil. Maka dari itu, kita diwajibkan untuk berwudhu sebelum melaksanakan sholat, tanpa wudhu tidak sah lah sholat kita.

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan taganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.”(QS. Al-Maidah: 6)

Tahukah kita selama ini, ternyata Rasullulah, dan para sahabat tidak hanya berwudhu untuk keperluan sholat saja, tapi juga sebelum tidur, sebelum melakukan perjalanan, ketika dalam keadaan marah, serta dalam hal lainnya juga. Dan tahukah kita, ternyata wudhu juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita.

  • Manfaat untuk Jantung

Jantung diperuntukan untuk memompa darah agar mengalir keseluruh tubuh. Daerah yang paling sulit untuk dipompakan adalah kepala, telapak tangan, dan kaki, karena letaknya jauh dari jantung. Maka dari itu, ketika anggota tubuh terkena air wudhu, jantung akan langsung bereaksi dengan memompa darah lebih kuat, sehingga pembuluh darah mengalir secara alami keseluruh tubuh. Dan pada akhirnya suhu tubuh dinormalkan kembali oleh air wudhu.

  • Manfaat untuk Ginjal

Air wudhu yang menyentuh kulit, mampu merangsang kelenjar keringat untuk menyedot racun dalam darah yang biasanya disaring oleh ginjal, sebelum menjadi urin. Dengan adanya bantuan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh inilah, kerja ginjal agan menjadi lebih ringan, sehingga mempersempit peluang untuk terkena masalah ginjal.

  • Wudhu Sebelum Tidur

Air yang dibasuhkan pada anggota tubuh tertentu saat wudhu dapat merileksasikan otot-otot yang selalu kita gunakan dalam melakukan segala jenis aktifitas keseharian kita. Telah banyak penelitian yang mengatakan bahwa air wudhu dari seorang muslim sebelum mereka tidur, suatu cara paling efektif untuk mengendurkan kekakuan otot-otot yang digunakan dalam aktifitas.

Sesungguhya malaikat senantiasa mendoakan orang-orang yang berwudhu sebelum tidur. Dan, malaikat itu merupakan makhluk yang senan tiasa berdzikir kepada Allah, niscaya do’anya selalu diijabah oleh Allah. Aamiin

Leave a Comment